• Info menarik nih gan

    Loading...

    Minggu, 23 Mei 2021

    a. Peluncuran produk baru memerlukan persiapan-persiapan dan strategi tertentu. Peluncuran produk baru memerlukan dua macam keputusan, yaitu keputusan peluncuran strategik dan keputusan peluncuran taktis.

    b. Siklus peluncuran produk merupakan bagian dari tahap perkenalan pada daur hidup produk. SIklus peluncuran produk terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap prapeluncuran, tahapan batu pijakan, dan tahap pertumbuhan awal

    c. Promosi penjualan yaitu suatu bentuk promosi yang di tujukan untuk merangsang pembelian.

    d. Harga merupakan komponen produk yang di observasi pelanggan yang menghasilkan keputusan pelanggan untuk membeli atau tidak membeli produk.

    e. Kemasan dapat memegang peranan penting bagi setiap produk dengan berbagai fungi. Kemasan juga menjadi identitas produk yang bermanfaat bagi konsumen untuk mengenali nama produk.
    Kemasan dapat memiliki berbagai fungsi :
    Sebagai kemasan utama.
    Kemasan sekunder.
    Kemasan tersier.

    f. distribusi memiliki pengertian pengelolaan aliran material dari pabrik ke konsumen dan dari gudang ke pengecer termasuk penyimpanan dan transportasi produk (Krajewski dan Ritzman, 2005).

    g. Struktur distribusi sangat penting karena perusahaan harus menjaga hubungan dengan para perantara dalam sistem distribusi agar kerja sama di antara mereka dapat memperlancar aliran barang ke konsumen. Saluran distribusi dipengaruhi oleh dua pilihan saluran distribusi, yaitu saluran langsung dan tidak langsung.

    h. Saluran distribusi langsung, adalah saluran distribusi tanpa menggunakan perantara.
        Alasan produsen memilih saluran distribusi langsung, yaitu :
    Apabila diperlukan informasi mendetail mengenai produk.
    Kastemisasi produk menjadi hal yang penting.
    Perlu ada jaminan kualitas.
    Pemesanan pembelian sangat tinggi.
    Kompleksitas transfortasi dan penyimpanan.

    i. Saluran distribusi tidak langsung, merupakan saluran distribusi yang menggunakan perantara.
    alasan produsen memilih saluran distribusi tidak langsung, yaitu :
    One-stop shopping untuk beberapa produk.

    j.  tingkat pengawasan perusahaan terhadap perantara tergantung pada tiga komponen dasar hubungan produsen-perantara, yaitu :
    Kontrak atau Ketentuan Hukum, bertujuan untuk menentukan tindakan-tindakan tertentu dan outcomes tertentu melalui penggunaan kontrak tertulis.
    Kepentingan Diri Sendiri, mengacu pada tindakan pihak-pihak yang terlibat dalam saluran distribusi berdasarkan fungsi mereka.
    Hubungan Manusia, merupakan cara yang tepat untk melakukan pengawasan terhadap hubungan produsen-perantara.

    k.     Untuk menyampaikan produk sampai ke tangan konsumen juga dapat ditempuh melalui berbagai cara. Bagaiman cara yang dapat digunakan untuk mengirirmkan barang disebut dengan mode transfotasi. Dalam melakukan pengiriman barang dapat dilakukan melaui mode-mode pengiriman, sebagai berikut :
    Jalan darat (trucking).
    Kereta api.
    Air.
    Saluran pipa.
    Udara.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar