• Info menarik nih gan

    Loading...

    Rabu, 21 April 2021

     

    Jawaban

     

    1. Kualitas merupakan kesesuaian dengan standar yang ditetapkan organisasi atau perusahaan dan kesesuaian dengan permintaan atau keinginan pelanggan. Kualitas produk maupun layanan harus selalu diperbaiki dan selalu ditingkatkan standarnya. Kualitas harus menyeluruh, baik produk maupun prosesnya, dimulai dengan kualitas bahan baku dan peralatan yang digunakan, kualitas proses produksi, hingga kualitas barang jadi dan kualitas penyampaian produk atau layanan kepada pelanggan.

     

    2. Ada beberapa alasan perlunya kualitas bagi suatu organisasi. Enam peran pentingnya kualitas, yaitu :

    (1) Reputasi perusahaan

    Perusahaan atau organisasi yang telah menghasilkan suatu produk atau jasa yang berkualitas akan mendapat predikat sebagai organisasi yang mengutamakan kualitas atas semua produk yang dihasilkan.

     

    (2) Penurunan biaya

    Perusahaan atau organisasi tersebut berfokus pada customer satisfaction, yaitu dengan mendasarkan jenis, tipe, waktu, dan jumlah produk yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan harapan pelanggan. Dengan demikian tidak ada pemborosan yang terjadi.

     

    (3) Peningkata pangsa pasar

    Pangsa pasar akan meningkat bila minimasi biaya tercapai, karena organisasi atau perusahaan dapat menekan harga, walaupun kualitas tetap menjadi yang terutama.

     

    (4) Pertanggungjawaban produk

    Perusahaan dituntut untuk semakin bertanggung jawab terhadap desain, proses, dan pendistribusian produk tersebut untuk memenuhi harapan pelanggan.

     

    (5) Dampak internasional

    Hal ini akan menimbulkan kesan baik terhadap perusahaan atau organisasi.

     

    (6) Penampilan produk atau jasa

    Kualitas akan membuat produk atau jasa dikenal, dan hal ini akan membuat perusahaan atau organisasi yang menghasilkan produk atau menawarkan jasa juga dikenal dan dipercaya.

     

    (7) Kualitas yang dirasakan

    Kualitas yang dimaksud bukan hanya kualitas produk itu sendiri, melainkan kualitas secara menyeluruh dalam hal kualitas produk, layanan, orang, proses, dan lingkungan.

     

    3. 10 Model manajamen kualitas menurut edward Deming

    (1) Rumuskan dan umumkan kepada semua karyawan, maksud dan tujuan organisasi.

    (2) Mempelajari dan melaksanakan filosofi baru, baik oleh manajer maupun karyawan.

    (3) Memahami tujuan inspeksi, yaitu untuk memperbaiki proses dan mengurangi biaya.

    (4) Mengakhiri praktik bisnis yang menggunakan penghargaan berdasarkan angka atau uang saja.

    (5) Memperbaiki secara konstan dan terus-menerus, kapan pun sistem produksi dan layanan.

    (6) Membudayakan atau melembagakan pendidikan dan pelatihan.

    (7) Mengajarkan dan melambagakan kempimpinan.

    (8) Menjauhkan rasa ketakutan, ciptakan kepercayaan, ciptakan iklim yang mendukung inovasi.

    (9) Mengoptimalkan tujun perusahaan, tim, atau kelompok.

    (10) Menghilangkan desakan atau tekanan-tekanan yang menghambat perkembangan karyawan.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar